Wagub Jatim Minta Pekerja Antisipasi Era Industri Keempat

Wakil Gubernur Jawa Timur mengingatkan kepada para pekerja, untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualitasnya, dalam menghadapi era industri keempat.

“Sebentar lagi kita akan memasuki era industri keempat yakni, era dimana industri diiringi kemajuan teknologi pesat, sehingga pekerja akan mulai digantikan oleh mesin modern yang memiliki keakuratan dan lebih efisien,” kata Saifullah Yusuf saat membuka Rapat kerja daeerah (Rakerda) Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik dan Mesin (LEM), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jawa Timur di Hotel Royal Tretes View, Pasuruan, Jumat (11/8/2017).

Wagub Jatim yang akrab disapa Gus Ipul ini mengatakan, era industri keempat harus disikapi dan dirumuskan dengan baik. Dirinya mengaku gembira melihat komitmen dan semangat FSPLEM SPSI, yang ingin terus meningkatkan kompetensi dan kualitas.

“Dengan organisasi ini, selain menambah teman dan pengalaman, juga bisa menambah ilmu, sehingga lebih profesional,” tuturnya.

Wagub mengatakan, selain meningkatkan kompetensi dan kualitas pekerja. Juga dibarengi dengan kedisiplinan, kejujuran.

“Hal itu sebagai modal untuk menjadikan pekerja menjadi loyal dan bisa dipercaya,” tuturnya sambil menambahkan, sikap kesetiakawanan juga menjadi unsur penting, menjadikan pekerja lebih bermartabat,

Mengenai sifat satu komando di lingkungan pekerja, dinilai dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara pekerja dengan industri. Dimana para pekerja difasilitasi untuk dapat berkomunikasi dengan pihak perusahaan.

“Banyak hal yang bisa dikomunikasikan seperti, pembahasan UMK (upah minimun kabupaten/kota,” jelasnya.

Gus Ipul menerangkan, Jawa Timur sebagai salah satu provinsi yang tiga kali berturut-turut meraih penghargaan sebagai provinsi yang aman, nyaman, kondusif di Indonesia.

Katanya, situasi tersebut salah satunya disebabkan kondusifitas iklim tenaga kerja seperti saat ada demonstrasi, pekerja dapat menyampaikan secara tertib dan teratur.

“Dengan situasi yang kondusif, maka otomatis banyak investor yang tertarik menanamkan investasinya di Jawa Timur. Kondisi tersebut berdampak positif bagi iklim industri dan pekerja kita,” terangnya.

Rakerda FSP LEM SPSI Jawa Timur ini juga dihadiri Sekretaris DPP FSP LEM SPSI, Fauna Sukam Prayoga. Dalam kesempatan itu, Fauna mengajak pekerja untuk menata organisasinya dan tetap solid.

“Jangan berjalan sendiri-sendiri. Tapi harus bekerjasama dan saling membantu satu sama lainnya,” ujar Fauna.

sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3596491/wagub-jatim-minta-pekerja-antisipasi-era-industri-keempat